Website ini adalah website yang memberikan informasi harga karet hari ini, harga getah karet, harga getah karet dunia, informasi cara berkebun karet, pohon karet, cara menanam karet, merawat pohon karet, getah karet.

Senin, 14 Maret 2016

Informasi Harga Karet Hari Ini Yang Berantakan


Pada awal th. 2016 ini harga getah karet belum ber ada pada tingkat aman dimana harga karet masih di bawah harga setandar seperti tahun tahun kemaren .Basyarakat banyak yang mengeluhkanmurahnya harga karet di dareah mereka sperti sumatra, jambi,medan.Bahkan harga karet di luar negri juga anjlok seperti indonesia . di luar negri misal menurut berita online thailan  disana  harga getah karet mulai di bandrol pemerintah kepada petani kurang lebih hanya 15000 .Gara-gara harga karet anjlok banyak anak-anak sekolah banyak yang putus sekolah lantaran gak ada bioaya buat sekolah,apalagi seperti anak-anak sekolah yang tinggal di kos ,pondok,dan asrama.

Harga getah karet di awal tahun yang baik ini, yaitu tahun 2016 ini mengalami perbedaan harga getah karet walaupun jarak dari desa ke desa tetangga bahkan juga ada satu kecamatan harga getah karet ber beda beda. contoh nya ; Harga getah karet mingguan miggu ini menurun derastis sedangkan harga getah karet 2 mingguan naik dan harga getah karet bulanan juga menurun . Pada hal perihal penjualan getah karet tdk jauh berlainan waktunya serta jarak jarak tempat pelelangan getah karet itu antan desa ke desa lain tidak jauh sekitar 15 km itu pun yng paling jauh di desa itu.Para petani mengalami kebingungan mengapa yang sana naik yang sini turun hanganya .


Kalau aja getah karet di bandrol di tangan petani dengan harga yang begitu normal yaitu harian ,mingguan 11000 ,setengah bulan 12000 dan 1bulan di bandrol dengan harga 14000 maka hati para petani karet bakal senang dan lega .Soalnya mereka bila di rumah memiliki tanggungan seperti angsuran kopda,dan bank mereka bisa membagi penghasilanya buat keluarga dan juga bisa buat bayar angsuran itu tadi .

Apalagi sekarang kebutuhan bahan pokok pada naik semua ,walaupun si BBM turun ,tapi iya apa cukup kalo dibandingkan harga karet sekarang bobot 1kg buar beli beras yang harganya 1kg 10000 dan BBM yang 1liternya juga 6500 keatas .Kalau di pikir-pikir lagi bagi yang kerja buruh iya apaa cukup buat hidupin keluarga dan kasih jajan anaknya apalagi sekarang getah karet lagi surut . 
Walau sebenarnya di desa saya ini di kelilingi pengeboran minyak ,PT batubara tapi kehidupan khususus di desa kami gak ada yang bekerja di PT-PT itu semua penduduknya semua kebanyakan  pekebun karet dan singkong .maka dari itu kami sebagai orang desa merasa sedih sekali harga karet tidak bisa setabil seperti tahun-tahun kemaren ,karna hanya itulah yang biasa menafkahi anak istri kami yang hanya hidup di desa ini .

Musim ini adalah musim penghujan yang biasa di keluhkan dan juga hari bahagia bagi penyadap karet , karena ini adalah di mana hari keluarnya getah karet yang banyak tapi yang kadang bikin jengkel adalah sudah nyadap seharian penuh tapi hasih sadapanya habis di bawa air hujan gais,dan juga harga karet sekarang gk menentu seperti hari ini nain besok turun  itulah yang membuat kerja keras penyadap terbuang sia-sia ,bekerja keras tapi hassil tak sebanding .
Menurut kabar dari berita online ,harga karet tahun ini mendapat rekor muri karena harga karet paling buruk dari harga-harga tahun sebelumnya .Yah para petani hanya bisa berdoa saja semoga harga karet bisa kembali normal seperti dulu biar tidak mejadi beban para penyadap karet yang masih buruh atauipun yang bos-bosnya.

Sekarng aja orang di dessku yang dulunya bekerja  menjadi penyadap karet sekarang mereka melilih keluiar merantau mencari kerja di luar sana yang layak dan bisa menghidupi mereka ataupun anak istri mereka.Pengen kebanyakan orang daripda bekerja naydap karret mending kita bekerja di PT PT tapi berpikir 2 kali bagi warga desaku yang ingin bekrja di pt yang penghasilanya menggiyurkan dari pada kerja jadi penyadap karet .Tetapi tidak semudah itu orang bisa mauk dan bekerja di PT ,biasanay mau masuk aja uadah ada main sogok itulahh lah yang membuat warga desaku tetep bertahan tinggala di desa yang sungi dan damai ini menikjmati penghasilan dari karet walau sekarang tidak seberapa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Informasi Harga Karet Hari Ini Yang Berantakan

0 komentar:

Posting Komentar